Perusahaan menjadi pintar dari kemampuan analisa terhadap masalah. Bisnis saat ini beroperasi dalam lingkungan yang sangat kompetitif dan kompleks di mana teknologi baru, produk dan jasa yang menciptakan industri baru, mengubah perilaku pelanggan dan menciptakan kompetisi baru.
Dalam kondisi yang sangat kompetitif keputusan organisasi harus berdasar pada data yang akurat dan mendalam. Disisi lain bisnis butuh kemampuan analisis yang canggih dengan pengetahuan pengalaman industri yang luas, dimana solusi analisis dihasilkan akurat dari lingkungan bisnis saat ini , untuk memprediksi tren masa depan dan merumuskan keunggulan kompetitif.
Alisis data tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi terintegrasi. Era kompetitif membuat kita harus berlomba menjadi yang terdepan dalam hal memahami bisnis yang digeluti dan meretas rahasia hubungan perusahaan dengan pelanggan yang kadang sulit diterjemahkan. Sebutlah Industri manufaktur misalnya, mengolah data mereka untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas karyawan, memanfaatkan tempat dan waktu yang memiliki prioritas tinggi.
Kita hidup di era Big Data. Sebuah kumpulan data yang begitu banyak, beratus bahkan bermilyar-milyar data tersimpan seperti tambang emas yang siap untuk diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan manusia. Tambang emas besar yang belum bisa di ubah menjadi pundi-pundi uang.
Memilih setiap informasi dari setiap titik dalam proses manufaktur untuk digunakan diseluruh operasi dan lalu melakukan pengolahan data adalah tugas yang menakutkan. Dan Analitik dalam kapasitasnya sebagai sebuah layanan yang ditawarkan untuk memenuhi gap tersebut (melalui paket platform data analitik) membantu untuk memaksimalkan efisiensi dan menciptakan situasi win-win dalam industri. (TW/2016)
Saya akan memaparkan lebih lanjut beberapa platform data analitik yang ada di dunia
Leave a Reply to Agus HermawanCancel reply